Bagi ibu vegetarian yang hamil

Agar tidak kekurangan gizi, secara garis besar, ada beberapa vitamin yang harus di penuhi oleh ibu hamil yang vegetarian.

Vitamin B12

Para vegetarian yang menghindari aneka produk hasil hewan, perlu menambah kebutuhan vitamin B12 nya dengan cara mengkonsumsi beberapa makanan seperti tempe, kecap,  tauco atau oncom

Zat besi

Umumnya zat besi yang terkandung dalam bahan pangan nabati lebih sulit diserap tubuh dari pada zat besi yang terkandung dalam bahan pangan hewani. Itu sebabnya dalam diet vegetarian biasanya disertakan makanan yang kaya vitamin C agar penyerapan zat besi oleh tubuh menjadi lebih mudah, Misanya menikmati roti lapis metega kacang sambil minum jus jeruk.

Zat kapur (kalsium)

Bagi anda yang tergolong lacto-ovo vegetarian (tidak makan daging ternak, unggas, atau ikan, tetapi makan produk olahan susu dan telur), hal ini tidak menjadi begitu masalah karena anda dapat mengkonsumsi produk olahan susu yang mengandung kalsium. Namun tidak ada salahnya anda meningkatkan konsumsi sayur-sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, dan rumput laut.

Vitamin D

Bila anda hidup di daerah yang banyak sinar mataharinya, anda tidak perlu takut kekurangan vitamin D, karena vitamin ini dapat di buat dalam kulit, asal kulit mendapat kesempatan kena sinar matahari. Jadi and adi anjurkan olah raga pagi hari. Konsultasikan dengan dokter jika anda mengkonsumsi vitamin d supplemen.

Vitamin B6

Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan gangguan dalam pembentukn saraf dan otot. Vitamin ini di perlukan karena membantu pemanfaatan protein oleh tubuh. Beberapa sumber vitamin B6 adalah kacang kedelai, kentang, pisang, ubi jalar, beras merah dan kurma.

Seng

Beberapa senyawa yang umumnya terdapat dalam bahan pangan nabati seperti serat dan fitat dapat menghambat penyerapan beberapa mineral, termasuk seng. Beberapa macam makanan nabati yang kaya akan seng adalah bayam, kacang kapri, bening gandfung, mentega kacang, tepung terigu, dan biji wijen.

Protein

Beberapa jenis bahan pangan nabati dapat anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein anda adalah kacang hitam atau kacang-kacangan lain, beras merah, kacang mente, aneka polong-polongan, yogurt dari susu kedelai, tempe, tahu, atau  produk olahan kedelai yang lain. Anda yang masi bisa makan telur di anjurkan mengkonsumsi telur satu dua butir sehari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>